Bisnis Modal Kecil Bakso Tusuk

Posted by Razqa Evano on Monday, June 18, 2012


Bisnis Bakso TusukBISNIS MODAL KECIL BAKSO TUSUK — Bisnis bakso merupakan bisnis sejuta umat yang cukup populer dan menggiurkan meski sudah banyak yang sudah menjalankannya. Berbagai variasi bisnis makanan berbahan dasar bakso juga cukup laris di pasaran, sebut  saja cireng dan ojek, yang cukup digemari anak-anak bahkan orang dewasa. Meski usaha bakso ini boleh dibilang bisnis modal kecil namun cukup lumayan hasilnya. Salah satu yang unik lagi dari varian bisnis kuliner bakso ini adalah bakso tusuk lada hitam. Rasanya yang pedas menyengat membuat sensasi bakso tusuk sangat  menantang dan membuat orang ketagihan. Tidak heran jika peluang bisnis bakso tusuk ini cukup hot.

Bakso tusuk lada hitam merupakan bakso yang telah diolah dan diberi bumbu  ala masakan lada hitam ,kemudian ditusuk layaknya sate. Jika anda pernah menjumpai sate telur puyuh, seperti itulah gambaran bakso tusuk lada hitam, namun memiliki sensasi pedas merica yang begitu menyengat namun sangat nikmat. Sensasi pedas bakso tusuk lada hitam sendiri bisa dibuat bervariasi dari mulai yang biasa hingga yang pedas menyengat.

Pasar Bisnis Bakso Tusuk Mudah

Jika ditanya apakah bisnis bakso tusuk lada hitam ini cukup menjanjikan? Nampaknya pasar untuk bisnis bakso tusuk lada hitam ini nampaknya cukup bagus. Inovasi dan cara mengemas bakso tusuk lada hitam ini cukup inovatif, sebagai camilan alternatif. “Bakso tusuk lada hitam selalu habis saat jam makan siang” tutur Abit, seorang karyawan sebuah perusahaan di Yogyakarta yang juga menekuni bisnis bakso tusuk lada hitam ini. Abit setiap pagi sebelum berangkat ke kantor selalu mengantarkan bakso tusuk ini ke beberapa kantin dan warung makan. Namun untuk lokasi yang tidak terjangkau, ia mempekerjakan kurir yang bekerja secara part time. Satu lokasi bervariasi jumlahnya, rata-tara 20-30 tusuk, tergantung ramai tidaknya lokasi. Satu tusuk dijual pada pembeli akhir Rp.2000, sistem penjualannya ada yang titip jual dan ada yang membayar langsung.
Selain mengantarkan bakso tusuk lada hitam ke kantin-kantin, ia juga menerima pesanan bakso tusuk dari berbagai kalangan. “Pesanan cukup banyak, kalau pas berbarengan cukup kewalahan” tutur Abit. Wajar saja untuk saat ini semua proses masih dikerjakan sendiri dan baru menimbang untuk mencari tenaga kerja. Menurutnya bisnis bakso tusuk ini meski modalnya kecil ternyata menguntungkan. Meski demikian ia enggan merinci penghasilannya sebulan dari bisnis bakso tusuk ini. “Ya setara gaji di kantor lah” Katanya sembari tertawa.

Keunikan Bisnis Bakso Tusuk Pada Inovasi

Bisnis bakso tusuk ini cukup banyak menarik pembeli karena merupakan sesuatu hal yang baru dan belum banyak dijumpai. Menjadikan bakso tusuk lada hitam sebagai alternatif camilan merupakan hal yang membuatnya menarik. Kalau biasanya di kantin-kantin makanan camilan berupa gorengan atau jajanan pasar, menu bakso tusuk lada hitam membuat orang penasaran.

Sebenarnya tidak hanya bakso tusuk lada hitam saja yang bisa dijadikan bisnis dari makanan berbahan bakso ini. Ada berbagai macam bumbu yang bisa diaplikasikan, misalnya saja bakso tusuk saus tiram dan sebagainya. Yang penting disesuaikan dengan selera pasar karena itu perlu melakukan survei terlebih dahulu , bumbu apa yang paling disukai dari bakso tusuk ini.

Untuk menekuni bisnis bakso tusuk ini tidaklah sulit, karena bahan baku berupa bakso bisa dibeli di pasar atau super market. Tinggal memilih harga dan rasa yang sesuai dengan pasar, untuk bumbu-bumbu juga cukup mudah meraciknya. Proses mengerjakannya juga mudah, karena tidak memerlukan keterampilan khusus.
Jika anda tertarik untuk merintis bisnis dengan modal kecil, usaha bakso tusuk ini bisa anda coba. Yang terpenting adalah menjaga kebersihan makanan dan mencari bahan baku bakso yang enak namun murah. Untuk lokasi bisa menjalin kerjasama dengan kantin atau warung-warung makan di sekitar anda. Semakin ramai semakin besar peluang bisnis bakso tusuk anda laris. Selamat mencoba.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment